Mau Buka Bisnis Wedding Organizer? Pelajari Dulu Seluk Beluknya

Mau Buka Bisnis Wedding Organizer? Apa itu wedding organizer? Wedding organizer adalah salah satu jenis usaha yang menyediakan jasa khusus untuk membantu keluarga dan calon pengantin ketika persiapan pernikahan.

Persiapan pernikahan tersebut mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan semua rangkaian acara pesta pernikahan yang sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Wedding organizer akan memberikan Anda informasi tentang berbagai hal yang berkaitan dengan acara pernikahan serta membantu merumuskan konsep pernikahan Anda. 

Selain itu, layanan jasa ini juga akan memfasilitasi, koordinasi, dan negosiasi dengan pihak hotel atau gedung serta vendor atau supplier. Vendor yang dimaksud seperti vendor venue, catering, fotografer, grup musik, dekorasi, perias/ makeup artist, gaun/attire, dan lain-lain.

Tugas lain dari wedding organizer yaitu:

  • Membantu memilih jenis makanan, food tasting, dan kuantitas.
  • Menghubungi setiap rekanan untuk memastikan hal-hal yang menjadi kebutuhan pesta pernikahan.
  • Mengikuti rapat koordinasi bersama keluarga mempelai.
  • Memimpin rapat teknis bersama para rekanan.
  • Technical meeting di lokasi resepsi.
  • Membantu menyusun berbagai hal tentang pernikahan.

Susunan Acara Wedding Organizer Untuk Pesta Pernikahan Islam

Secara garis besar pesta pernikahan Islam terbagi atas dua, yaitu akad dan resepsi. Silahkan untuk menyimak uraian singkat tentang susunan acara wedding organizer untuk pesta pernikahan Islam berikut ini:

1. Susunan Acara Akad Nikah

Akad merupakan acara kunci dari pesta pernikahan Islam. Momen tersebut sangat sakral dan pastinya akan sangat dikenang sepanjang hidup. 

Akad nikah merupakan upacara keagamaan Islam yang bertujuan untuk menyatukan kedua mempelai sehingga menjadi sepasang suami istri yang sah. Khususnya sah dalam segi agama di hadapan Allah SWT. 

Berikut ini susunan acara wedding organizer untuk akad nikah:

  • Pembukaan dari dari pembawa acara, membaca bismillah, dan doa sebelum mulai prosesi akad nikah.
  • Pembacaan ayat suci Alquran oleh seorang Qori.
  • Khutbah nikah dari petugas KUA atau penghulu.
  • Prosesi ijab kabul mempelai pria dan orangtua atau wali mempelai wanita.
  • Pembacaan doa nikah oleh penghulu atau ustadz.
  • Mempelai pria dan wanita akan tanda tangan buku nikah serta dokumen lainnya agar menjadi pasangan suami istri sah secara hukum.
  • Prosesi serah terima mahar dari mempelai pria kepada mempelai wanita.
  • Saling menukar cincin atau saling memasangkan cincin antar dua mempelai.
  • Pembacaan nasihat pernikahan dari ustadz atau penghulu tentang hak dan kewajiban suami juga istri untuk kedua mempelai.
  • Penutupan atau pembacaan doa oleh ustadz atau penghulu.

2. Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Setelah semua rangkaian acara akad nikah selesai, acara selanjutnya adalah resepsi pernikahan. Biasanya resepsi berlangsung pada hari yang sama dengan akad nikah sekitar 2 sampai 3 jam setelah akad. Tetapi ada juga sebagian orang yang memilih untuk mengadakan resepsi di hari yang lain.

Berikut susunan acara wedding organizer untuk resepsi pernikahan:

  • Pembukaan oleh pembawa acara.
  • Penyambutan kedua mempelai untuk memasuki venue dan duduk di kursi pelaminan bersama dengan orang tua masing-masing.
  • Ucapan selamat dari tamu undangan kepada mempelai di pelaminan.
  • Tamu akan dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah tersedia sambil mendengarkan alunan musik.
  • Penampilan spesial dari kedua mempelai untuk para tamu undangan seperti menari atau menyanyi.
  • Foto bersama antara para tamu dengan kedua mempelai.
  • Penutupan dari pembawa acara.

Cara Membuat Wedding Organizer dengan Tepat

Salah satu bisnis yang memiliki potensi besar dan sangat menguntungkan adalah bisnis wedding organizer. Hal ini dikarenakan setiap orang menginginkan pesta pernikahan yang mempunyai kesan terbaik seumur hidup.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini, modal yang Anda butuhkan tidak begitu besar. Tetapi sebelum memulainya, Anda harus mengetahui beberapa trik khusus supaya bisnis Anda bisa sukses.

Berikut ini cara membuat wedding organizer dengan tepat yang wajib untuk Anda ketahui: 

1. Bisnis Kreatif Budget Minim

Bisnis ini masuk ke dalam kategori bisnis kreatif yang membutuhkan modal sedikit. Hal ini disebabkan pembayaran DP klien sebesar 50 sampai 75 persen saat memesan jasa Anda.

Uang DP tersebut dapat Anda jadikan sebagai modal. Sehingga untuk Anda yang masih pemula dalam bisnis ini dapat terhindar dari penipuan klien atau kerugian.

2. Mempelajari Seluk Beluk Wedding Organizer

Hal terpenting yang harus Anda lakukan saat membuat bisnis ini adalah mempelajari banyak hal yang berhubungan. Tujuannya adalah supaya Anda dapat memahami konsep bisnis tersebut dan hal-hal lain yang berkaitan.

Cara untuk mempelajarinya adalah dengan bergabung bersama komunitas wedding. Ketika Anda bergabung dengan komunitas tersebut, Anda akan mendapatkan beragam inspirasi menarik tentang konsep pernikahan. Selain itu, Anda juga dapat menambah wawasan dan ilmu tentang bisnis tersebut.

3. Mengajukan Proposal Kerjasama

Cara selanjutnya adalah mengajukan proposal kerjasama dengan pihak lain yang memiliki usaha lain namun tetap berkaitan dengan bisnis wedding organizer. Beberapa jenis bisnis yang dapat Anda ajak untuk kerjasama seperti vendor tata rias, venue atau dekorasi, catering, dan lain-lain.

Saat Anda mengajukan perjanjian kerjasama dengan beberapa vendor tersebut dapat meminimalisir modal bisnis Anda. Selain itu, peluang untuk mendapatkan klien juga lebih besar, khususnya untuk Anda yang masih pemula.

4. Merekrut Tim dan Karyawan Tambahan

Cara berikutnya untuk membuat wedding organizer yaitu membangun tim inti yang solid. Kemudian, Anda juga harus merekrut freelancer sebagai karyawan tambahan yang akan membantu Anda ketika acara pernikahan berlangsung.

Merekrut karyawan tambahan sangat penting dalam hal penghematan biaya, karena bisnis pernikahan di Indonesia masuk dalam kategori bisnis musiman. 

Jika Anda merasa kesulitan saat mencari karyawan tambahan, Anda dapat meminta bantuan mahasiswa. Para mahasiswa tersebut pasti bersedia menjadi freelancer yang bekerja hanya saat acara pernikahan berlangsung.

5. Membuat Konsep Bisnis Kreatif

Membuat konsep bisnis kreatif dengan orientasi kepuasan terhadap konsumen adalah hal terpenting dalam bisnis ini. Selain itu, Anda juga harus memastikan konsep yang Anda buat mengandung 3 pilar utama dalam usaha wedding organizer.

Tiga pilar utama tersebut adalah harus mengikuti tren pasar, konsumen Anda puas, dan konsep wedding harus kreatif, menarik, serta unik. Apabila konsumen atau klien Anda puas, mereka dapat merekomendasikan jasa Anda kepada orang-orang terdekatnya. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan reputasi bisnis milik Anda.

Tertarik Membuka Bisnis Wedding Organizer?

Setelah menyimak semua hal yang berhubungan dengan wedding organizer, apakah Anda tertarik dengan bisnis ini? Bisnis dengan modal minim dan keuntungan yang cukup besar.

Bisnis ini juga tidak akan mudah mati termakan zaman, karena pernikahan akan selalu ada setiap waktunya. Meskipun banyak orang yang membuka bisnis yang sama, tetapi Anda tidak akan kehabisan calon klien atau konsumen. 

Jenis bisnis yang satu ini sangat cocok untuk usaha jangka panjang Anda. Bagaimana? Apakah Anda sudah semakin yakin untuk terjun ke dalam bisnis wedding organizer?

Simak Informasi Terbaru Seputar Pernikahan di Galeri Nikah

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Social Media

Most Popular

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
On Key

Related Posts